ads

Penjelasan Macam-Macam Ikatan Kimia beserta Contohnya [Dilengkapi dengan Gambar]


Tahun 1916 Gilbert N. Lewis dan W. Kossel, menjelaskan suatu hubungan kestabilan gas mulia dengan konfigurasi elektron kecuali Helium (He) yang mempunyai 2 elektron valensi. Kedua Ilmuwan tersebut menjelaskan bahwasannya unsur golongan VIIIA atau gas mulia bersifat stabil karena memilili elektron valensi (EV) 8 dan sebagian besar unsur non gas mulia mengikuti aturan gas mulia untuk mencapai keadaan stabil, inilah yang dinamakan dengan aturan oktet yang dimana suatau atom-atom berikatan dengan atom lain membentuk 8 EV untuk mencapai keadaan stabil. Sedangkan atom yang memiliki nomor atom kecil akan mengikuti aturan duplet seperti H, He, dan Li

Pengertian Ikatan Kimia

Ikatan kimia adalah sebuah interaksi gaya tarik menarik antara dua atom atau lebih yang bertujuan mecapai suatu keadaan dimana molekul menjadi stabil. Ikatan kimia ini akan menentukan seperti apa struktur sebuah senyawa.

Ikatan-ikatan kimia sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu; ikatan ionik, ikatan kovalen, dan ikatan logam.

Macam-Macam Ikatan Kimia

1. Ikatan Ionik

Ikatan ionik atau ikatan elektrovalen adalah sebuah ikatan kimia yang berdasarkan transfer elektron antara unsur logam dengan unsur non-logam. yang dimana unsur logam akan cenderung mendonorkan elektron karena energi ionisasinya lebih rendah (membentuk ion positif), kemudian unsur non-logam akan menjadi akseptor elektron karena afinitas elektronnya besar (membentuk ion negatif).
Contoh:  Natrium Klorida (NaCl)

2. Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena adanya penggunaan pasangan elektron secara bersama-sama. Namun, apabila pasangan elektron yang dipakai bersama itu berasal dari salah satu atom saja, maka ikatan ini disebut sebagai ikatan kovalen koordinasi.

Ikatan ini terjadi antara unsur non-logam dengan unsur non-logam. karena afinitas elektron yang dimiliki keduanya sangat besar, sehingga kedua unsur tersebut cenderung menarik elekteon daripada memberikan. dari sinilah kedua unsur "berkerjasama" menggunakan elektron secara bersama-sama.

Sebagai contoh yaitu pada molekul hidrogen. unsur hidrogen tersebut membutuhkan 2 elektron untuk mencapai keadaan stabil (mengikuti kaidah duplet) sehingga unsur hidrogen akan berapasangan sesamanya membentuk molekul hidrogen, yang dimana setiap atom sama-sama menyumbangkan 1 elektron untuk dipakai bersama.

Selain hidrogen masih banyak sekali molekul yang berikatan kovalen seperti Oksigen (O2), Nitrogen (N2), Nitrat (NO3), dan lain sebagainya.

Pada senyawa kovalen juga terdapat ikatan rangkap layaknya hidrokarbon alkana, yaitu Rangkap tunggal, Rangkap dua, dan rangkap tiga.

Selain ikatan kovalen rangkap, terdapat juga ikatan kovalen polar dan kovalen non-polar.

Baca juga: Ikatan Kovalen: Pengertian, Jenis, dan contoh Gambarnya.

3. Ikatan Logam

Ikatan logam sering disebut juga dengan "lautan elektron" adalah suatu jenis ikatan kimia yang melibatkan gaya tarik elektrostatik di antara elektron konduksi yang dikumpulkan di dalam suatu awan elektron yang dimana ion logam bermuatan positif akan tersebar di lautan elektron.
Gambar model Ikatan logam sumber: wikipedia

Elektron-elektron inj bebas bergerak dan mengelilingi inti di dalam kristal. Elektron yang bisa bebas bergerak ini dikenal dengan sebutan elektron dislokasi. Sedangkan gaya tarik antar atom-atom menyebabkan terjadinya ikatan logam. Akibatnya senyawa yang berikatab logam memiliki suatu ciri khas yani konduktor (dapat menghantarkan panas an listrik), mudah ditempa, bersifat ulet, dan juga bisa diulur menjadi kawat.

Demikianlah pembahasan mengenai ikatan kimia, semoga bermanfaat.

Referensi:
Novi Ambarsari S.Pd. 2018. "Ikatan Kimia (Ikatan Ion, Ikatan Logam, Ikatan Kovalen)" https://www.siswapedia.com/ikatan-kimia-ikatan-ion-ikatan-logam-ikatan-kovalen/
Nirwan Susianto, S.Si. "Ikatan Kimia" https://www.studiobelajar.com/ikatan-kimia/
Wikipedia. Ikatan Kimia
Wikipedia. Ikatan Logam

Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Macam-Macam Ikatan Kimia beserta Contohnya [Dilengkapi dengan Gambar]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel