ads

9 Manfaat Ilmu Kimia di Berbagai Aspek

9 Manfaat Ilmu Kimia di Berbagai Aspek

Ilmu Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan pada materi. Ilmu kimia mempelajari ruang lingkup sifat-sifat yang dimiliki atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat yang berbeda.

Kimia juga sering disebut sebagai ilmu pengetahuan pusat, karena menghubungkan ilmu-ilmu pengetahuan alam, termasuk fisika, geologi, dan biologi. Karena itulah ilmu kimia sangat-sangatlah penting di berbagai aspek kehidupan. Yuk simak apa saja peranan ilmu kimia di berbagai aspek berikut ini.

1. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Kedokteran

  1. Membantu dalam proses penyembuhan pasien yang mengidap suatu penyakit, sehigga digunakan obat-obatan yang dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia.
  2. Selain obat, pembuatan vaksin, cairan infus dan bahkan bahan untuk sterilisasi alat-alat kedokteran juga merupapakan hasil riset atas proses dan reaksi kimia.
  3. Prinsip Ilmu Kimia juga bisa dimanfaatkan dalam upaya mendeteksi penyakit tertentu seperti HIV.
  4. Infeksi terhadap darah juga bisa dicek menggunakan bahan-bahan kimia.
  5. Pembuatan bahan sintesis sebagai pengganti gigi, tulang dan lain-lain yang juga berdasar pada prinsip ilmu kimia. Dan masih banyak lagi kegunaan ilmu kimia dalam kedokteran.

2. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Pertanian

  1. Ilmu kimia bermanfaat dalam menjaga kesuburan tanah. Dengan adanya ilmu kimia kini, Petani dapat mengetahui bahwa kesuburan tanah berkurang disebabkan oleh kurangnya kadar Nitrogen ditanah. Solusinya mengatasinya ialah dengan menanam tanaman yang mengikat nitrogen seperti kacang-kacangan, atau dengan menggunakan pupuk yang mengandung nitrogen seperti Urea.
  2. Ilmu kimia juga digunakan untuk melindungi tanaman dari hama seperti serangga, jamur dan bakteri, dengan  membuat pestisida yang sesuai dosis dengan jenis hama.

3. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Hukum

Membantu proses penyelidikan tindakan kriminal seperti pembunuhan, pemerokasaan, dan penggunaan narkoba. Dengan adanya ilmu kimia memungkinkan untuk memeriksa struktur DNA dari tersangka, karena struktur DNA setiap orang berbeda-beda.

4. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Geologi

Peran ilmu kimia di bidang geologi adalah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan pada material bumi seperti logam mulia emas, minyak bumi, dan sebagainya dengan sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya.

5. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Industri

Manfaat ilmu kimia dalam bidang industri sudah bukanlah hal yang dipertanyakan lagi, industri-industri yang ada kebanyakan menggunakan mesin-mesin yang disini kimia berperan mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin, juga mempelajari sifat dan komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.

6. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Peternakan

Ilmu kimia pada bidang pertenakan juga sangat berperan khususnya untuk pertenakan di era modern ini. Kemajuan dari teknologi ilmu kimia mendorong inovasi-inovasi baru yang memungkinkan meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertenakan ini. contohnya pada penggunaan hormon penggemuk sapi yang tak lepas dari eksperimen kimia di dalam pembuatannya, kemudian proses pengolahan dari limbah itu sendiri menjadi pupuk, dll yang di dalamnya terkandung dari proses-proses pengolahan senyawa-senyawa kimia seperti gas metana, amonia dan gas organik lainnya.

7. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Biologi

mengingat objek-objek biologi yang terdiri dari unsur-unsur senyawa kimia. Pembelajaran enzim, hormon, dll termasuk contoh dari adanya peranan ilmu kimia di dalam ilmu biologi. Contoh lain ilmu kimia bermanfaat untuk mempelajari mekanisme metabolisme dalam sel-sel hidup, mempeljari peran senyawa-senyawa organik seperti lemak, protein, karbohidrat dalam tubuh, dan masih banyak lagi.


8. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Arsitektur

Kimia juga berperan penting dalam bidang arsitektur lho.. Dengan adanya kemajuan ilmu kimia maka berkembang pula keragaman arsitektur, variasi model, dan bahan-bahannya. Bahan-bahan baru hasil eksperimen dari berbagai senyawa kimia telah menghasilkan banyak komposisi di bidang arsitektur, contohnya dengan adanya penggunaan semen, cat dinding dalam desain pewarnaan.

9. Manfaat Ilmu Kimia di Bidang Lingkungan

Kimia lingkungan adalah ilmu kimia yang mempelajari bagaimana zat kimia berinteraksi dengan lingkungan alam. Kimia lingkungan ialah bidang lintas disiplin yang melibatkan kimia analitik dan pemahaman terhadap ilmu lingkungan.

Kualitas air merupakan area penting pada kimia lingkungan. Air “murni” selalu terdapat di mineral atau senyawa lainnya yang terkandung di dalamnya. Kualitas air diuji pada sungai, danau, dam air laut melalui karakteristik seperti kandungan oksigen, keasaman, tingkat kekeruhan, sedimen tersuspensi, serta pH.

Demikianlah 9 Manfaat Ilmu Kimia di Berbagai Aspek yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat
Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Ilmu Kimia di Berbagai Aspek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel