ads

Perbedaan Spesifik antara Kimia Murni dan Teknik Kimia!

Perbedaan jurusan kimia murni dan teknik kimia
Ketika beranjak kelas 3 sma mungkin beberapa sudah menentukan untuk kuliah di jurusan apa, namun tak sedikit pula yang bingung mau pilih jurusan apa nantinya. Perlu kamu ketahui dalam memilih jurusan kuliah ini harus sesusai dengan minat dan bakatmu jangan sampai kalian sudah berada pada jurusan tersebut dan merasa "aku kayanya salah jurusan".

Terutama yang hendak mengambil jurusan kimia, pada kuliah nanti kamu akan mendengar bahwasannya terdapat 3 jursan di bidang kimia, yaitu kimia murni, teknik kimia, dan pendidikan kimia.

Kalau pendidikan kimia mungkin kamu sudah mengetahui bahwa jurusan ini diperuntukan menjadi pembimbing kimia (guru, pembimbing les, dsb). Namun untuk kimia murni dan teknik kimia banyak yang masih mengaggap sama padahal berbeda.

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari sifat, struktur dan perubahan pada materi, serta interaksi antara materi-materi penyusunnya. Sedangkan teknik kimia "chemical engineering" adalah ilmu yang mempelajari mengenai rekayasa untuk menghasilkan produk yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, dengan berlandaskan pengetahuan ilmu kimia.

berikut ini perbedaan kimia murni dan teknik kimia.

1. Berbeda Fakultas

Nah, mungkin kamu bingung sama-sama mempelajari kimia kok berbeda fakultas? Apa iya teknik kimia ada di fakultas sosial? (apa hubungannya LoL) Tentuk tidak!

Mari pahami terlebih dahulu definisi dari fakultas, fakultas adalah divisi dalam universitas yang terdiri dari suatu area subyek, atau sejumlah bidang studi yang saling terkait.

Kimia murni berada di dalam fakultas MIPA. Sedangkan teknik kimia berada di bawah fakultas teknik.

FYI: Beberapa kampus kini menyebut MIPA sebagai FSM (Fakultas Sains dan Matematika).

2. Kimia Analisis vs Kimia Teknis

Pada kimia murni lebih cenderung mempelajari sifat, struktur, dan perubahan pada materi yang disertai pengujian-pengujian di laboratorium. Sedangkan teknik kimia cenderung mempelajari proses kimiawi secara teknis. 

3. Eksplorasi vs Pengembangan

Dalam kimia murni lebih menganalisa dan mencari zat atau reaksi baru. Sedangkan, teknik kimia tidak berupaya untuk mengembangkan sifat, struktur, atau reaksi baru pada zat, tetapi ia mengembangkan yang sudah ada. Walaupun teknik kimia tidak mencari sesuatu yang baru dari sisi reaksi kimia, namun ia mencari sesuatu yang baru dari sisi teknik produksi.

4. Pekerjaan Lulusan

Alasan mengapa kita dibuat bimbang dengan jurusan pada kuliah, salah satunya adalah penyerapan di lapangan pekerjaan.

Seperti apakah pekerjaan nantinya yang "saya" dapatkan apabila mengambil kimia murni atau teknik kimia.

Thats right bruuh.. Sebelum memilih jurusan pastikan kamu mengetahui seluruh informasi mengenai jurusan tersebut, baik mulai A-Z.  Pada lulusan ilmu kimia bisa bekerja di bagian laboratorium, di bidang pendidikan sebagai guru atau dosen, atau di bagian Kendali Mutu (Quality Control) di pabrik. Sedangkan, lulusan teknik kimia biasa bekerja di pabrik sebagai staf yang bertanggung jawab memproduksi barang-barang melalui proses kimia, misalnya di pabrik semen, pupuk, kilang minyak, dan sebagainya.



Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Spesifik antara Kimia Murni dan Teknik Kimia!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel