ads

Teori Atom J.J Thomson: Penjelasan, Model, Kelebihan, Kekurangan [Lengkap]

Setelah Teori Atom Dalton terkemukakan, Selanjutnya munculah sebuah Teori Atom Thomson akibat ketidakpuasan akan teori yang disampaikan oleh dalton. Joseph John Thomson, Ilmuwan berkebangaan inggris yeng mengemukakan teori atom pada tahun 1903. Thomson berpendapat model atom menyerupai roti kismis, maksudnya atom yang bermuatan positif terdapat elektron-elektron yang bertaburan didalamnya.

Baca Juga: Penjelasan Teori Atom secara Sederhana Menurut para Ahli

Gambar Model Atom Thomson Mirip Roti Kismis
Awal mulanya teori atom yang dipercayai adalah teori atom dalton yang menyerupai bola pejal bak bola biliyard. Hingga pada akhir abad ke 19 Sekembalinya J.J Thomson dari Amerika Serikat, dia mempelajari dan melakukan eksperimen terhadap sinar katode. Hasil dari eksperimennya adalah bahwa arus listrik melewati tabung vakum akan terdapat semacam aliran berkilau yang terbentuk. Ia menemukan bahwa aliran berkilau tersebut dibelokkan ke arah plat kutub positif. Teori atom Thomson membuktikan bahwa aliran tersebut terbentuk dari partikel kecil dari atom yang bermuatan negatif. Thomson kemudian menamai penemuan tersebut sebagai elektron.

Teori Atom Thomson

Selain disebut dengan teori atom mirip roti kismis, teori atom thomson juga dapat diumpamakan seperti semangka yang dimana daging semangka adalah muatan positif dan bijinya adalah muatan negatif. Jika disimpulkan teori atom thomson secara singkat akan menjadi seperti ini:
  • Atom merupakan bola yang bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron-elekteon.
  • Atom bersifat netral dikarenakan muatan positif dan negatif pada atom sama

Kelebihan Teori Atom Thomson

  • Dapat menjelaskan bahwasannya terdapat partikel yang lebih kecil daripada atom
  • Mampu menjelaskan sifat listrik atom

Kekurangan Teori Atom Thomson

  • Tidak dapat menjelaskan bagaimana susunan partikel yang bermuatan positif dan negatif
  • Tidak dapat menjelaskan efek penghamburan cahaya (light scattering) pada lempeng tipis emas.

Memang jika ditinjau dari model atom mekanika kuantum model atom thomson ini memiliki kelemahan begitu banyak, namun setidaknya thomson dapat menerangkan bahwa partikel terkecil materi bukanlah atom melainkan masih terdapat subpartikel yang kini disebut; neutron, elektron, dan proton. Dan hasil dari pemikiran thomon inilah yang akan menjadi cikal bakal teori atom pada saat ini.

Karena kelemahan teori atom J.J Thomson, Seorang ilmuwan yang merupakan muridnya Thomson sendiri berhasil menemukan jari-jari sebuah inti atom yang lebih kecil ketimbang jari-jari atomnya, Atas penemuan ini yang menjadikan penanda gugurnya teori atom Thomson, dan menjadi jalan pembuka munculnya Teori Atom Rutherford.


Referensi:
Wikipedia, Joseph John Thomson
Wikipedia, Ernest Rutherford
https://www.ilmukimia.org/2013/08/201308teori-atom-thomson-html.html
https://pengajar.co.id/atom-jj-thomson-pengertian-teori-kelebihan-dan-kekurangan/
https://www.edutafsi.com/2017/09/kelebihan-dan-kekurangan-teori-model-atom-Thomson.html
Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk "Teori Atom J.J Thomson: Penjelasan, Model, Kelebihan, Kekurangan [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel