ads

Teori Atom Dalton: Penjelasan, Kelebihan, Kekurangan [Lengkap]

Pada tahun 1803 seorang ilmuwan buta warna berkebangsaan inggris merumuskan sebuah gagasan teori tentang atom yang dipublikasikan dalam buku karangannya yang berjudul 'New System of Chemical Philosophy'. Gagasan ini berhasil membangkitkan semangat ilmuwan lainnya untuk berlomba-lomba merumuskan teori tentang atom.

Baca juga: Penjelasan Teori Atom secara Sederhana menurut para Ahli

John Dalton, ilmuwan yang lahir pada tahun 1766 ini banyak berkontribusi dalam mencetuskan dasar-dasar kimia. John Dalton merupkan ilmuwan yang ahli dibidang kimia, fisika, dan meteorologi.

Selain merumuskan teori atom, John Dalton juga merumuskan teori tentang Hukum perbandingan berganda.

Teori Atom Dalton

John Dalton yang diberi julukan 'Bapak Kimia Modern' karena di anggap sebagai pencetus teori atom modern pertama karena ilmuwan pertama yang menjelaskan tentang Teori Atom Modern, Berikut 5 Teori Atom Dalton;
  1. Apabila suatu materi di potong-potong hingga terbentuk potongan yang sangat kecil, Terdapat suatu materi yang tidak dapat di potong lagi yang dinamakan atom.
  2. Semua atom dari unsur kimia yang sama memiliki suatu massa dan sifat yang sama.
  3. Semua atom dari unsur kimia yang berbeda akan memiliki jenis dan sifat atom yang berbeda.
  4. Selama reaksi kimia, atom-atom hanya dapat bergabung dan diurai menjadi atom-atom yang terpisah, tetapi atom tidak dapat dimusnahkan dan di reaksi kimia tersebut.
  5. Suatu senyawa terbentuk dari unsur- unsurnya melalui penggabungan atom tidak sejenis dengan perbandingan bilangan bulat yang sederhana.

Kekurangan Teori Atom Dalton

Jika ditinjau dari teori atom modern sekarang, tentu teori atom dalton memilki kelamahan sebagai berikut;
  1. Dalton menerangkan bahwa atom tidak dapat dibagi lagi. Faktanya, seiring perkembangan ilmu dan teknologi, diketahui bahwa setiap atom terbentuk dari partikel dasar yang lebih kecil daripada atom, yaitu elektron, proton, dan neutron.
  2. Dalton beranggapan bahwa atom bersifat kekal, Atom tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan. Faktanya, dengan menggunakan reaksi nulkir, atom dapat diubah menjadi atom unsur lainnya.
  3. Dalton juga menerangkan bahwasannya atom pada suatu unsur memiliki kesamaan dalam berbagai hal (massa bentuk, dan ukuran). Kini telah dibuktikan dengan adanya isotop, yakni atom yang sama mempunyai kesamaan nomor atom, tetapi nomor massanya berbeda.
  4. Dalton berpendapat bahwa perbandingan unsur dalam suatu senyawa memiliki perbandingan bilangan yang bulat dan sederhana. Namun, kini banyak ditemui senyawa dengan perbandingan bilangan yang tidak bulat dan tidak sederhana. Sebagai contohnya ialah senyawa sodium sterate C18H35O2Na.

Kelebihan Teori Atom Dalton

  • Mampu menjelaskan Hukum kekekalan massa Lavoisier dan Hukum perbandingan tetap Proust.
  • Memungkinkan kita untuk menjelaskan hukum kombinasi kimia
  • Dalton ialah orang pertama yang mengetahui perbedaan yang bisa diterapkan antara partikel atom dan senyawa atau molekul.
Konsep atom Dalton jauh lebih terperinci daripada dan spesifik daripada konsep atom Democritus.Hipotesis pertama menyatakan bahwa atom dari unsur yang satu berbeda degan atom dari unsur yang lain.

Dalton tidak mencoba untuk menggambarkan struktur atau susunan seuatu atom, dia tidak mempunyai gambaran seperti apa sebenarnya atom itu.

Akan tetapi Dalton menyadari bahwa perbedaan sifat yang ditunjukkan oleh unsur -unsur seperti hidrogen dan oksigen yang dapat dijelaskan dengan mengasumsikan bahwa atom-atom hidrogen tidak sama dengan atom-atom oksigen.

Hipotesis kedua dalton menyatakan bahwa untuk membentuk suatu senyawa, tidak hanya membutuhkan atom-atom dari unsur yang sesuai, melainkan juga jumlah yang spesifik dari atom yang diperlukan (hukum Proust). Gagasan ini merupakan perluasan dari suatu hukum yang dipublikasikan pada tahun 1799 oleh seorang kimiawan, Prancis Josept Prous.

Karena Teori Dalton memiliki kelemahan, akhirnya muncul sebuah Teori Atom J.J Thomson yang dapat menjelaskan hal yang tidak dapat dijelaskan oleh Dalton.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_atom_Dalton
https://id.wikipedia.org/wiki/John_Dalton
https://bisakimia.com/2017/09/05/materi-teori-atom-dalton-lengkap/


Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk "Teori Atom Dalton: Penjelasan, Kelebihan, Kekurangan [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel