ads

Bagian Terkecil dari Suatu Materi yang Masih Memiliki Sifat Materi Tersebut Disebut?

Tahukah kamu? Bahwa bagian terkecil dari suatu materi yang masih memiliki sifat materi tersebut disebut Atom.

Partikel materi tersebut dinamakan atom karena merupakan bagian terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat sama dengan unsur tersebut.

Pembahasan lebih lanjut mengenai atom

Atom sejatinya bukan merupakan partikel terkecil, menurut mekanika kuantum atom tersusun atas 3 partikel yang lebih kecil lagi yaitu, proton, elektron, dan neutron.

Proton merupakan partikel yang bermuatan positif yang berada pada inti atom, kemudian elektron bermuatan negatif dan posisinya berada pada kulit atom, sedangkan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron) berada pada inti atom.

Seperti yang sudah saya paparkan atas bahwa atom merupakan bagian terkecil dari suatu materi, hal ini juga dinyatakan pada penamaan atom sendiri yang berasal dari Bahasa Yunani "Atomos" yang berarti tidak dapat dipotong atau tidak dapat dibagi-bagi lagi.

Atom sendiri sudah mulai di teliti pada ilmuwan yunani kuno lalu dan hingga kini peneletian atom berakhir pada mekanika kuantum yang dipercaya hingga sekarang.

Lebih jelas dan lengkapnya dapat kamu baca artikel mengenai sejarah kronologis perkembangan ilmu kimia.

FYI: paham kimia yang dianut ilmuwan yunani kuno masih terikat dengan sihir, mereka percaya bahwa al-kimia merupakan kombinasi dari sihir. Hingga seorang ilmuwan muslim, Jabir ibn Hayyan. yang pertama kali memilki paham ilmiah (dapat diterima akal) mengai ilmu kimia.

Materi tentang teori atom:
Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk " Bagian Terkecil dari Suatu Materi yang Masih Memiliki Sifat Materi Tersebut Disebut?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel