ads

Mengapa Atom C Mampu Membentuk Molekul dengan Rantai yang Panjang? Inilah Alasannya!

 Mengapa Atom C Mampu Membentuk Molekul dengan Rantai yang Panjang?
Unsur karbon merupakan unsur non logam yang terletak pada golongan IVA periode 2, atom C memiliki banyak ciri khas yang sangat istemewa yang tidak dimiliki oleh atom lain. 

FYI Intan yang merupakan bahan mentah berlian tersusun atas atom C yang merupakan unsur utamanya, seperti yang kita ketahui bahwa intan memiliki rumus molekul yang begitu panjang sehingga membentuk gumpalan atau bongkahan intan.


Mengapa demikian? atom c mampu membentuk molekul dengan rantai yang panjang karena atom C memiliki 4 pasang elektron valensi , nah 4 elekteon valensi ini dapat digunakan untuk berikatan kovalen antar atom karbon. So, atom C dapat membentuk ikatan yang sangat panjang.

Setelah mengetahui ke khasan atom karbon yang dapat membentuk rantai karbon yang panjang melalui ikatan kovalen, btw ada lagi nih ciri khas dari atom karbon yang menjadi dasar pengetahuan bahan bakar kendaraan serta bahan bakar lainnya seperti elpiji yang kita gunakan saat ini, yakni atom karbon dapat berikatan secara rangkap yang dimana ikatan rangkap satu, rangkap dua, rankap tiga disibut dengan alkana, alkena, dan alkuna.

Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk " Mengapa Atom C Mampu Membentuk Molekul dengan Rantai yang Panjang? Inilah Alasannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel