ads

Pengenalan Teori Asam Basa Arrhenius

Penjelasan Asam Basa Arrhenius
Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang 3 teori asam dan basa yaitu, Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis. Pada kesempatan ini saya akan mengupas lebih dalam lagi mengenai teori asam basa arrhenius ini.
Larutan asam dan basa juga disebut dengan larutan elektrolit. Senyawa asam basa ini dapat dijumpai dalam aktivitas sehari-hari misalnya, Jeruk yang bersifat asam, cuka yang bersifat asam, sabun yang bersifat basa, dan lain sebagainya

Svante August Arrhenius, seorang ilmuwan berkebangsaan swedia yang merupakan salah satu pengemuka kimia fisik. Ia mendapat Penghargaan Nobel dalam Kimia atas karyanya mengenai Teori Asam Basa yang teionisasi pada tahun 1903.

Menurut Arrhenius, asam adalah suatu zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion Hidronium (H+). Karena kelebihan ion Hidronium ini, maka air yang sudah ditambahkan zat asam itu disebut sebagai larutan asam. Berikut ini contoh reaksi ionisasi zat asam dalam air:
HCl(aq) —› H+(aq) + Cl-(aq)
Lebih lengkapnya contoh reaksi ionisasi senyawa asam arrhenius dibawah ini;
Contho Asam Arrhenius


Sedangkan, basa adalah zat yang bila mana dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion hidroksida (OH-). Akibat kelebihan ion hidroksida ini, air yang sudah ditambahkan zat basa itu disebut sebagai larutan basa. Berikut ini contoh reaksi ionisasi zat basa dalam air:
NaOH(aq) → Na+(aq)+ OH–(aq)
Lebih lengkapnya mengenai contoh reaksi ionisasi basa arrheius dibawah ini;
Contho Basa Arrhenius


Setelah memahami konsep diatas, kesimpulan yang dapat kamu ambil adalah sifat asam adalah ion H+ dan sifat basa adalah ion OH–. Reaksi ionisasi yang terjadi pada asam dan basa Arrhenius dapat dituliskan sebagai berikut :

HxZ(aq) —› xH+(aq) + Zx-(aq) [asam]

M(OH)x(aq) —› Mx+(aq) + xOH–(aq) [basa]
Referensi:
- Wikipedia. "Svante August Arrhenius" https://id.m.wikipedia.org/wiki/Svante_August_Arrhenius
- Novi Irayanti. 2013. "Teori Asam Basa Arrhenius" https://bisakimia.com/2013/11/02/teori-asam-basa-arrhenius/
Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk "Pengenalan Teori Asam Basa Arrhenius"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel