ads

John Dalton: Teori Atom

Biografi John Dalton

NamaJohn Dalton
Tempat, Tanggal Lahir Eaglesfield, Cumberland, Inggris, 6 September 1766
KebangsaanInggris
KewarganegaraanInggris
Tempat, Tanggal MeninggalManchester, Inggris, 27 Juli 1844 (umur 77)
Dikenal atasTeori Atom Dalton
Hukum perbandingan berganda
Hukum Dalton dari Tekanan Parsial
Daltonisme (ilmuwan buta warna)
Almamater -
IstriTidak Kawin
PenghargaanRoyal Medal (1826)
TerinspirasiTerinspirasi
KaryaA New System of Chemical Philosophy
Murid ternamaJames Prescott Joule

Biografi John Dalton

John Dalton merupakan anak yang berasal dari keluarga Quaker di Eaglesfield , dekat Cockermouth, Cumberland, Inggris. Ayahnya adalah seorang penenun. Ia belajar pendidikan pertama kali  kepada ayahnya dan John Fletcher, yang mengelola sebuah sekolah swasta di desa Pardshaw Hall.  Namun, saat itu keluarga Dalton terbilang "miskin" untuk terus menyekolahkannya. Dalton berhenti sekolah dan mulai bekerja sebagai pelayanan keluarga Elihu Robinson sejak umur sepuluh tahun.

Ketika ia beranjak usia 15 tahun, Dalton kemudian bergabung dengan kakak lelakinya (Jonathan) dalam mengelola sebuah sekolah Quaker di Kendal, Westmorland (sekitar 72 kilometer dari rumahnya). Pada usia 23 tahun, Dalton berkeinginan belajar tentang hukum atau kedokteran di universitas-universitas inggria, tetapi kerabatnya tidak mengizinkannya.

Walaupun Dalton tidak jadi ke universitas inggris, ia memperoleh banyak pengetahuan ilmiah dari instruksi informal John Gough , seorang filsuf buta yang berbakat dalam ilmu dan seni. Hingga pada usia 27 ia diangkat sebagai guru matematika dan filsafat alam di Akademi "New College", Manchester. Dia tetap di bekerja disana hingga usianya 34 tahun. ketika situasi keuangan Daltton memburuk di kampus, ia kemudiaj mengundurkan diri dari jabatannya dan memulai karir baru sebagai guru privat matematika dan filsafat alam.

Kehidupan awal Dalton dipengaruhi oleh Elihu Robinson, seorang ahli meteorologi dan pembuat instrumen yang kompeten, yang tertarik padanya dalam masalah matematika dan meteorologi. Selama bertahun-tahun menjadi guru di Kendal, Dalton memecahkan berbagai masalah dan menjawab pertanyaan tentang berbagai subjek The Ladies Diary dan The Gentleman's Diary. Pada usia 21 ia mulai mencatat buku harian meteorologi di mana, selama 57 tahun berikutnya, ia memasuki lebih dari 200.000 pengamatan. Ia menuliskan kembali teori sirkulasi atmosfer George Hadley (sekarang dikenal sebagai sel Hadley). Pada tahun 1793 publikasi Dalton yang pertama, Pengamatan Meteorologi dan Esai , mengandung benih dari beberapa penemuannya, Karya kedua oleh Dalton ialah Elements of English Grammar diterbitkan pada 1801. Dengan melakukan berbagai percobaan , dia berpendapat bahwa terdapat dua hukum yang mengendalikan perilaku gas. Bunyi hukum pertama menegaskan bahwa volume yang diisi gas adalah proporsional dengan suhunya. (Ini umumnya dikenal dengan “hukum Charles” sesudah ilmuwan Perancis yang menemukannya terlebih dahulu sebelum Dalton, tetapi gagal menerbitkan hasil penyelidikannya). Kedua, dikenal dengan julukan “hukum Dalton” tentang tekanan bagian per bagian.

Menjelang tahun 1804, Dalton sudah merumuskan sebuah teori atom dan menyiapkan daftar berat atom. Tetapi, buku utamanya yang berjudul "A New System of Chemical Philosophy" baru terbit pada tahun 1808. Buku ini membuatnya menjadikan ilkuwan yang masyhur diwaktu itu, dan dalam tahun-tahun berikutnya berbagai penghargaan seperti royal medal diraihnya.


Secara kebetulan, Dalton merupakan penderita buta warna. Keadaan ini malah membangkitkan rasa keinginan tahunya. Sebelum meninggal tahun 1817, Dalton berpesan bahwasanya ia merelakan matanya untuk dianalisis nanti. Kontribusi terakhir kalinya ini adalah untuk mengetahui apakah memang benar buta warna yang dialaminya adalah faktor keturunan atau bukan.

Hasilnya, analisis mata Dalton menunjukkan adanya kecacatan turunan. Berkat kontribusinya tersebut dengan menyumbangkan matanya untuk di teliti, buta warna merah dan hijau sampai saat ini sering disebut 'Daltonisme'.

Source:
- Wikipedia. "John Dalton" https://en.wikipedia.org/wiki/John_Dalton
- Rony Wijaya. "Biografi John Dalton Pencetus Teori Atom" https://bio.or.id/biografi-john-dalton-pencetus-teori-atom/

Image source:
- www.scienceandindustrymuseum.org.uk
Sabit (Kei) Lets Fly Higher!

Belum ada Komentar untuk "John Dalton: Teori Atom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel